Selasa, 05 November 2013

Unpad-Komnas HAM Kerja Sama Kembangkan Aspek HAM

Diposting oleh Unknown di 03.31
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menandatangani perjanjian kerja sama dengan Komnas HAM dalam pengembangan aspek Hak Asasi Manusia (HAM). "Dalam pengembangan aspek HAM, rencana kerja sama yang akan dilakukan adalah kolaborasi penelitian dan pengembangan antara Unpad dalam hal ini melalui Fakultas Hukum (FH), Komnas HAM, dan beberapa praktisi lainnya terkait dengan aspek Human Rights," kata Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad Dr Setiawan di Bandung, Kamis (24/10).

Penandatanganan tersebut dilakukan di Ruang Serba Guna Lantai IV Unpad Kampus Bandung di sela-sela acara Padjadjaran International Legal Conference (PILC) 2013. Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad itu dengan Ketua Komnas HAM, Siti Noor Laila.

Setiawan mengungkapkan, kerja sama FH Unpad dengan Komnas HAM sendiri sudah lama terjalin. "Sebelumnya di FH Unpad dan Komnas HAM sendiri membentuk Pos PAHAM (Pusat Advokasi Hak Asasi Manusia). Saya pikir itu juga merupakan bagian dari kolaborasi yang baik untuk meninjau perspektif regional mengenai Human Rights," kata Setiawan.

Studi-studi tentatif mengenai HAM yang dilakukan mahasiswa, peneliti, maupun dosen juga harus dikembangkan. Pasalnya, menurut Setiawan, studi-studi tersebut merupakan studi dasar dalam penelitian mengenai HAM guna menunjang kolaborasi lanjutan studi tersebut harus dikembangkan. "Kerja sama lain kiranya dapat digunakan oleh praktisi atau staf di Komnas HAM untuk melanjutkan studi di Unpad," katanya.

Ia berharap, kerja sama Unpad dengan Komnas HAM ini akan menghasilkan implementasi nyata dan mempunyai "road map" kerja sama yang jelas dalam kurun waktu lima tahun. (Ant)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Nia Puspitasari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review