Kamis, 28 November 2013

Apa itu hijab??

Diposting oleh Unknown di 03.44

Apa itu Hijab?
Hijab adalah salah satu bentuk pakaian yang disyariatkan oleh oleh agama islam bagi para muslimah. Sebagaimana yang tertera di Al-Qur’an:
….katakanlah kepada wanita-wanita beriman: “Hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan memelihara kehormatan mereka, kecuali yang lazim tampak. Dan hendaklah menutupkan kudung-kudung (kerudung) mereka pada mereka pada dada mereka. Dan janganlah memperlihatkan perhiasan-perhiasan mereka kecuali pada suami-suami mereka. (An-Nur 31)
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, putri-putrimu dan isteri-isteri kaum mukminin, supaya mereka menutup baju kurung mereka ke seluruh tubuh mereka. Demikian itu adalah untuk lebih dikenal, sehingga mereka tidak diganggu“. (Al-Ahzab 59)
Subhnallah, sampai berbusana yang baikpun di atur dalam Al-Qur’an agar perempuan itu lebih dikenal (sebagai seorang muslimin) dan tidak diganggu.
Ok guys…kembali ke topik hijab. Hijab dalam bahasa arab berati penutup. bagi non-muslim hal ini sama dengan kerudung (headscarf) yang identik dengan lambang kesopanan. wanita muslimah wajib menggunakan hijab sesuai aturan yang tertera dalam Quran kecuali pada pria yang jadi muhrimnya.
Pengertian hijab yaitu selembar kain yang digunakan untuk menutupi kepala melingkupi rambut, telinga, leher dan (biasanya) dada. pemakain hijab juga disertai dengan menggunakan pakaian yang yang menutupi hingga ke ujung tangan dan kaki mereka.
Dan ternyata hijab ini terbagi atas beberapa bentuk, antara lain:
niqab adalah penutup wajah yang bisa jadi menutup seluruh wajah dibawah mata, atau bahkan seluruh wajah. Para ahli agama sepakat bahwa niqab bukanlah jenis kerudung yang disyaratkan dalam quran. dalam ibadah haji, Niqab tidak boleh digunakan.
Shayla adalah selembar kain sejenis hijab yang banyak dipake wanita di sekitar wilayah teluk. cirinya menutupi seluruh kepala dan dililit diatas bahu (gambar wanita yang menghadap ke samping)
al-amira adalah sejenis hijab yang terdiri dari 2 bagian, biasanya memiliki sejenis topi atau penutup bagian depan kepala. (gambar wanita yang menghadap ke depan)
khimer adalah hijab panjang yang menutupi seluruh dada dan hingga ke tangan. (gambar wanita yang menghadap ke belakang)
Abaya adalah pakaian panjang yang menutupi seluruh tubuh (jubah). pemakaian abaya biasanya yang disertai pemakaian kerudung/penutup kepala disebut dengan Jilbab. warna yang dipake biasanya hitam atau warna2 netral lainnya.
chador adalah kain panjang dan lebar yang digunakan seperti jubah. chador banyak digunakan di Iran.
Burka adalah jubah yang menutupi mulai dari kepala hingga ujung jari kaki.
Burkini adalah pakaian renang yang menutupi seluruh tubuh mulai dari ujung kepala hingga kaki kecuali wajah, tangan dan telapak kaki. Burkini hanya digunakan untuk keperluan berenang saja.
Semoga bermanfaat….^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Nia Puspitasari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review