Kamis, 12 September 2013

Apa itu tornado?

Diposting oleh Unknown di 03.49


Tornado dikenal sebagai salah satu bencana yang paling merusak. Apa deskripsi tornado? Tornado adalah kolom sangat kuat angin yang spiral sekitar pusat tekanaan atmosfer rendah. Tornado akan terlihat seperti corong hitam besar yang menggantung turun dari awan badai.


Nama "tornado" berasal dari bahasa Latin "tonare". Ini berarti "guntur." Sementara Spanyol mengembangkan kata menjadi "tornear" yang berarti "untuk mengubah atau memutar". Inilah sebabnya mengapa tornado kadang-kadang disebut twister atau siklon.


Angin di dalam twister bisa berputar dengan kecepatan hingga 500 kilometer per jam, tetapi biasanya perjalanan di sekitar 300 mil per jam. Kecepatan ini memutar membuat tornado badai paling berbahaya.


Rata-rata tornado memiliki diameter sekitar 200 sampai 300 meter. Tornado lebih kecil dikenal sebagai tornado satelit. Ini anak kecil, sekitar 50 meter di seberang, bisa sangat sengit dan banyak do kerusakan.


Pembentukan tornado bisa sangat cepat. Kadang-kadang dapat terbentuk dalam satu menit atau kurang. Tornado dapat melakukan perjalanan melintasi tanah pada kecepatan tinggi, maka tiba-tiba bisa menghilang. Sebagian besar tornado berlangsung kurang dari dua puluh menit dan perjalanan kurang dari 15 mil. Namun, badai Super kadang-kadang perjalanan lebih dari 100 mil sebelum mereka habis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Nia Puspitasari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review