Selasa, 01 Oktober 2013

Kinerja iPhone 5s Ungguli Ponsel Android

Diposting oleh Unknown di 02.21

Apple iPhone 5s yang diluncurkan minggu lalu menggunakan prosesor Apple A7. Chip ini yang pertama berbasis pada ARMv8 dengan pengolahan data 64-bit. Sedangkan iPhone 5 masih menggunakan chip A6  yang merupakan prosesor 32-bit.
Prosesor 64-bit juga dipakai oleh PC selama satu dekade terakhir ini, walaupun memang arsitektur keduanya berbeda. Kelebihan prosesor 64-bit dibandingkan dengan yang 32-bit antara lain kemampuan addressing memori (RAM) yang lebih dari 4GB. Sebagian besar PCdesktop dan notebook yang dijual sekarang umumnya masih menggunakan memori 4GB, walaupun sebenarnya sudah bisa menangani lebih dari itu.
Demikian pula untuk ARMv8 64-bit sendiri yang memiliki beberapa  keunggulan dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang 32-bit. Salah satunya adalah jumlah register yang lebih banyak. Register merupakan storage di dalam chip yang digunakan oleh prosesor menyimpan data agar dapat diakses dengan cepat. ARMv8 memiliki jumlah register lebih banyak, yaitu dari 16 pada generasi sebelumnya menjadi 31 sekarang. Hal ini mempercepat proses pengolahan data karena akses ke memori (RAM) menjadi lebih jarang.
ARMv8 juga memiliki kemampuan matematis yang lebih baik, terutama pada saat melakukan operasi yang sama untuk banyak data. Selain itu, ARMv8 juga memiliki kemampuan pengolahan enkripsi yang akan mempercepat sejumlah komunikasi yang aman sehingga mengurangi penggunaan baterai.
Kelebihan-kelebihan tersebut tercermin pada hasil uji iPhone 5S seperti yang dilakukan oleh PCmag.com. Dibandingkan dengan iPhone 5, LG G2, dan Samsung Galaxy S4, hasil uji iPhone 5S unggul untuk uji  kinerja sistem, kinerja grafis, kecepatan browsing, dan uji lainnya.
Untuk kecepatan browsing misalnya, iPhone secara signifikan mengungguli lainnya dengan skor 3764. Sementara itu Galaxy S4 untuk uji yang sama hanya menghasilkan skor 2498, G2 2493, dan iPhone 5 2511. Untuk hasil selengkapnya, lihat di sini.
Hasil uji itu diakui belum benar-benar sempurna, tetapi setidaknya dapat dijadikan gambaran kinerja iPhone 5S dibandingkan kompetitornya di platform Android.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Bersama Nia Puspitasari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review